Kamis, 19 Juli 2012

Tips Mencerahkan Bibir Hitam

Bibir hitam pasti sangat menggangu penampilan kita. Penyebab bibir hitam itu sendiri bisa dikarenakan kebiasaan merokok. Tapi tidak sedikit juga yang mengalami bibir hitam padahal bukan seorang perokok. Bibir hitam bisa disebabkan karena  konsumsi teh atau kopi berlebihan, penggunaan lipstik yang ternyata tidak cocok di bibir, terpapar matahari terlalu sering, dan terlalu sering menjilat bibir.

Ini adalah cara yang pertama (1)  untuk mengatasi bibir hitam, beberapa hal berikut bisa dicoba:

1. Exfoliate: lakukanlah pengelupasan setiap hari untuk mengangkat sel kulit mati di bibir yang menyebabkan kekeringan pada bibir dan membuat bibir terlihat lebih kusam. Cukup gosokkan sikat gigi ke bibir secara perlahan setelah menyikat gigi pada malam hari untuk melakukan eksfoliasi reguler. Atau, campuran olive oil dan sugar pasir bisa dijadikan alternatif untuk melakukan eksfoliasi bibir. Cukup gosokkan perlahan campuran tersebut dengan menggunakan lap tangan dengan gerakkan memutar dan basuh setelahny. Gunakan dua kali seminggu.

2. Protect: karena salah satu penyebab bibir hitam adalah paparan sinar matahari, jangan lupa untuk menggunakan lip balm yang mengundang SPF.

3. Moisturize: penting untuk selalu menjaga kelembaban bibir supaya bibir tidak pecah-pecah dan menjadi kering lalu kemudian menghitam. Gunakan pelembab bibir apapun yang nyaman untuk bibir Anda. Sebelum mengaplikasikan lipstik, jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan pelembab bibir. Madu juga dapat menjaga kelembaban  bibir kita dan juga membuatnya lembut. Gunakanlah di malam hari, karena madu terasa agak lengket di bibir apabila digunakan pada siang hari.

4. Treat: untuk membantu menyamarkan hitam di bibir, coba campurkan air jeruk nipis, madu, dan gliserin dan gunakanlah secara rutin setiap hari selama beberapa minggu. Alternatif lain adalah menggunakan air perasan lemon yang diketahui juga memiliki kemampuan untuk menyamarkan noda di kulit. Untuk membuat lemon juice paste, campur air perasan lemon, tepung, yoghurt dan madu (masing-masing dengan takaran yang sama) dan gunakanlah sebagai masker di bibir Anda selama 30 menit dan kemudian bilas bersih.

Tapi tenang guys, masih ada cara lain kok....ini dia cara yang kedua (2) :

1. Madu dan Jus Lemon
Lemon mengandung alpha hidroxy acid alami yang mampu mencerahkan kulit, sedangkan madu berfungsi melembutkan. Campurkan madu dan jus lemon dengan perbandingan 1:2, aduk hingga rata. Kemudian oleskan pada bibir tiap malam secara teratur. Campuran ini akan mencerahkan kulit bibir dalam beberapa minggu.
2. Jus Daun Merica
Giling daun merica yang sudah dicuci bersih bersama sedikit air, kemudian saring setelah halus. Sebelum tidur, oleskan jus daun merica ke bibir. Warna gelap dan kusam akan berkurang setelah pemakaian minimal 15 hari.
3. Jus Wortel
Wanita di Arab kerap menggunakan wortel untuk memutihkan kulit wajah dan tubuh. Ternyata, jus wortel murni juga bisa digunakan untuk mencerahkan bibir. Parut wortel sampai halus, lalu peras sarinya menggunakan kain kasa atau kain tipis yang bersih. Celupkan kapas ke dalam jus, dan bubuhkan pada bibir. Jika dilakukan secara rutin, bibir akan lebih cerah. Pigmen oranye pada wortel juga bisa menambahkan rona warna di bibir.
4. Minyak Almond/ Kelapa
Kulit bibir yang menghitam biasanya juga disebabkan karena kurang kelembaban. Anda bisa menggunakan lip balm atau lip conditioner untuk mengatasi kekeringan. Tapi ada cara alami yang bisa dicoba. Oleskan satu-dua tetes minyak almond atau kelapa pada bibir tiap malam sebelum tidur. Cara ini akan mengembalikan warna bibir alami Anda.

Cara yang ketiga (3) anda baca tips berikut ini:

Tips Memerahkan Bibir Pertama :
- Ambil Madu Asli atau Madu Sachet.
- Bibir sudah harus bersih dari lipstik
- Kemudian oleskan sedikit madu tersebut pada bibir anda hingga merata.
- Lakukan hal ini setiap menjelang tidur.

Tips Bibir Merah Kedua :
Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun disebuah wadah kecil.
Campurkan sedikit gula pada tetesan minyak zaitun (atau bisa diganti dengan madu).
Bibir sudah harus bersih dari lipstik.
Oleskan ramuan diatas pada permukaan bibir anda.
Kemudian gosok-gosokkan dengan pelan ( fungsinya sebagai scrubbing ) dan terakhir di bilas.

Tips bibir merah ketiga :
Langkah pertama hentikan penyebabnya. Jika merokok, berhenti merokok. Jika menggunakan lipstik kualitas buruk, hentikan.
Scrub bibir dengan digosok dengan sikat gigi lembut malam hari sesudah gosok gigi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada lapisan permukaan bibir.
Oleskan sari lemon ke bibir setiap hari untuk membantu mencerahkan bibir.
Oleskan santan pada wajah dan bibir untuk mencegah kulit kering dan membuat kulit berkilau.
Jika anda akan keluar rumah, oleskan pelembap bibir yang mengandung SPF paling sedikit 15 sebelum mengoleskan lipstik. Sinar matahari dapat meningkatkan sejumlah pigmen yang membuat bibir hitam.
Pilih lipstik bermutu baik.
Jangan gunakan lipstik yang kadaluarsa.

Selalu bersihkan lipstik setiap malm sebelum tidur. Beda dengan kulit wajah, bibir boleh dikata jarang dibersihkan. Jika anda sulit berhenti merokok, mengoleskan lipbalm atau petroleum jelly sebelum merokok dapat mencegah penetrasi nikotin ke bibir. Selain itu, oleskan beberapa kali sehari kendati pun tidak merokok. Bibir cenderung jadi kering akibat kontak dengan nikotin. dan balm membuat bibir halus dan kenyal. Mencegah selalu lebih baik daripada mengatasi. Jadi, usahakan berhenti merokok.
Konsultasi dengan dokter, Jika perawatan ini tak bisa mengatasi bibir hitam, konsultasi dengan dokter untuk membantu mencerahkan bibir anda.


Dan ini adalah cara menjaga agar bibir tidak menjadi hitam :
Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
Jika anda merokok, segeralah berhenti.
Hindari pemakaian lipstik yang berlebihan. Dan jangan terlalu lama lipstik menempel di bibir.
Lipstik jangan sampai dibawa tidur.
Jangan sering menjilat bibir karena akan membuat bibir kering.
Gunakan pelembab bibir yang mengandung tabir surya untuk siang hari
Untuk menjaga kelembabnya, oleskan pelembab bibir tanpa warna sebelum tidur malam.

Selamat mencoba dan semoga berhasil membuat bibir tidak hitam lagi.





2 komentar: